Senin, 19 November 2018

Aplikasi Media Visual pada Proses Pembelajaran


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang
Di era globalisasi ini pendidikan merupakan salah satu investivasi panjang karena proses dari pendidikan itu sendiri akan dirasakan baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Pendidikan tidak akan terlepas dari peranan media dalam pemanfaatannya di dunia pendidikan. Kita sadari semakin banyak saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Dalam hal ini, kita sebagai calon pendidik dapat lebih mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan praktik-praktik dengan benar.
Maka dari itu, dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu media pembelajaran yaitu media visual. Media visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan lebih cepat dipahami oleh peserta didik.
Pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal sehingga menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti media visual untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi yang akan dibahas pada peserta didik.
Dalam sistem pendidikan modern, fungsi pendidik sebagai penyampai pesan-pesan pendidikan tampaknya perlu dibantu dengan media pendidikan, agar proses belajar mengajar dan proses pendidikan pada umumnya dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
1.2.            Rumusan masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan media visual ?
2.    Aplikasi apa yang digunakan untuk membuat media visual dan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?
3.    Apa saja keunggulan dari aplikasi yang digunakan?
4.    Bagaimana cara pembuatan grafik dan bagan dengan menggunakan aplikasi tersebut?

1.3.            Tujuan Penulisan
1.    Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan media visual?
2.    Untuk mengetahui aplikasi apa yang digunakan dalam membuat media visual dan cara menggunakan aplikasi tersebut
3.    Untuk mengetahui keunggulan dari aplikasi yang digunakan
4.    Untuk mengetahui cara membuat grafik dan bagan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1.  Pengertian Media Visual
Pengertian media visual dapat dibedakan menjadi dua pengertian yaitu pengertian secara umum dan pengertian menurut para Ahli .
1.    Pengertian media visual secara umum
Secara umum, media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Media visual juga merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknikdan kreatif yang mana menampilkan gtambar, grafik serta tata dan letaknya jelas, sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.
Media visual dapat juga diartikan sebagai sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks, gerak dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat menarik peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan.

2.    Pengertian media visual menurut para Ahli
Menurut Fathurrohman (2007 : 67) mengungkapkan bahwa :
“media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slide foto, gambar atau lukisan dan cetakan.Ada pula media visual yang menampilkan gambir atau symbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun”.
Selanjutnya menurut Wibawa dan Mukti (1992 : 27) menjelaskan bahwa :
“media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam antara lain : foto, ilustrasi, flash card,  gmbar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, transparansi, proyektor tak tembus pandang, mikrofis, overhead proyektor, stereo proyektor, mikro proyektor dan tachitoscopes. Serta grafis, bagan, diagram, poster, gambar kartun, peta dan globe.Sedangkan media visual gerak meliputigambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu, film kartun dan sebagainya”.
Wibawa dan Mukti (19992 : 28) menjelaskan funsi media visual dalam proses belajar mengajar, yaitu
1)             Mengembangkan kemampuan visual
2)             Mengembangkan daya imajinasi anak
3)             Membantu meningkatkan penguasaan anak terhadap hal-hal yang abstrak, atau peristiwa yang tidak mungkin dihadirkan didalam kelas.
4)             Mengembangkan kreatifitas siswa
5)             Memperjelas pengertian atau konsep yang abstrak kepada siswa
6)             Membantu siswa lenih mudah memahami makna pesan yang dibicarakan dalam proses pembelajaran
7)             Menggambarkan suau hakikat suatu pesandalam bentuk yang menyerupai keadaan yang sebenarnya
8)             Memvisualisasikan pesan verbal dan makna isi pesan dan menyederhanakn makna dalam bentuk visualisasi
9)             Merangsang anak untuk mempelajari lebih jauh dan atau ingin lebih tahu hakikat dari pesan yang disampaikan
10)         Pembuka diskusi yang efektif
11)         Menumbuhkan minat baca
12)         Memvangkitkan motivasi, minat, ingatan

Bentuk-bentuk media visual adalah sebagai berikut
a.    Bangan
media yang berisi tentang gambar, keterangan, daftar, dsb. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sedehana antara lain : perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.Fungsi bagan yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. Bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu penyajian. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis yang lain seperti gambar, diagram, kartun atau lambang verbal. Agar menjadi yang baik, bagan hendaknya dibuat secara sederhana, lugas, tidak berbelit-belit dan up to date.
b.        Grafik
Grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan grafis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Grafik sebagaipenyajian kembali data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual simbolis.Grafik digunakan untuk menjelaskan perkembangan atau perbandingan suatu obyek yang saling berhubungan. Grafik biasanya disusun berdasarkan prinsip matematika dan menggunakan data komparatif. Ada beberapa bentuk grafik, antara lain; grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran dan grafik gambar.

Macam-macam grafik :
Ø Grafik garis yaitu grafik yang paling dapat menggambarkan hubungan antara dua kelompok data dan dapat digunakan untuk data-data yang kontinu
Ø Dalam grafik ini jumlah data dipertunjukkan dalam bentuk gambar. Yang perlu diperhatiakan grafik gambar ini adalah symbol gambar yang dipakai sendiri, jumlah data yang diperlihatkan melalui jumlah gambar, jumlah besar kecilnya gambar akan dapat dibaca apabila dibawah gambar tersebut  diberikan angka yang sebenarnya.

2.2.Aplikasi Yang Digunakan Dalam Membuat Media Visual
1.    Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projektor(OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi.

2.      Flowdia Lite
Flowdia adalah alat diagram aliran yang mudah digunakan yang dapat digunakan untuk membuat diagram alur kualitas profesional, peta pikiran, BPMN, jaringan dan tata letak server, jaringan Cisco, diagram rak, aktivitas UML, proses bisnis, dan diagram alur proses dengan cepat.
Aplikasi ini dirancang dengan kemudahan penggunaan dalam pikiran. Anda dapat dengan cepat menghubungkan bentuk flowchart dengan hanya memilih titik awal dan akhir sambungan dan dengan cepat menambahkan jalur baru ke diagram swimlane atau sub-topik baru ke diagram peta pikiran dengan menggunakan tombol "+" dari menu bentuk peta atau menu peta pikiran yang dipilih. Sub-topik peta pikiran secara otomatis diposisikan pada halaman tetapi dapat dengan mudah dipindahkan sesuai kebutuhan.
Flowdia mendukung ekspor diagram / bagan alur ke format PNG, JPG, PDF, dan SVG. Anda dapat melihat file SVG yang diekspor di Microsoft Visio.
Anda dapat mengimpor gambar PNG dan JPG khusus.
Diagram berikut dapat dibuat menggunakan Flowdia:
·         Flow chart
·         Swimlanes
·         Peta konsep
·         BPMN
·         Diagram jaringan
·         Diagram Jaringan Cisco
·         Diagram Tata Letak Server
·         Diagram Rak
·         Diagram Aktivitas UML
·         Diagram Proses Bisnis
·         Alur Proses
·         Chevron Diagram
Anda dapat dengan cepat memilih dan mengubah aktivitas BPMN, acara dan jenis gerbang dengan menggunakan pemilih bentuk khusus yang tersedia untuk semua bentuk BPMN.
Bentuk flowchart dalam alat ini tidak dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas. Anda dapat menyesuaikan tampilan bentuk dengan menerapkan warna latar belakang dan juga mengubah warna font dan ukuran teks.
CATATAN: Versi Lite dari Flowdia dibatasi untuk:
·         file.
·         1 halaman per diagram.
·         dapat menghapus atau menggandakan halaman.
·          Ekspor gambar dan PDF dengan tanda air

2.3   Keunggulan Aplikasi
1.        Power Point
·          Memiliki beragam fitur dan jenis Grafik (Bagan)
·          Mudah Diaplikasikan
·          Dilengkapi Banyak tools
·          Dilengkapi Fitur Export to Pdf
·          Dilengkapi Fitur Cloud Service dari Microsoft

2.        Flowdia Lite

·          Aplikasi Mudah Digunakan
·          Aplikasi tidak berbayar (lite)
·          Memiliki Ukuran yang Ringan untuk berbasih Handphone
·          Dapat Meniyimpan Halaman lebih besar (A2)
·          Wizard dengan Kelas
·          Ikon Arsitektur AWS
·          Opsi Ekspor GPS termasuk dalam menu Diagram
·          mendukung ekspor diagram / bagan alur ke format PNG, JPG, PDF, dan SVG.

2.4  Cara Pembuatan Grafik
1.      Power Point
  1. Klik tab Insert
  2. Klik Chart
  3. Pada jendela yang terbuka, silakan pilih jenis grafik yang akan digunakan pada kolom sebelah kiri.
  4. Pilih variasi grafik di kolom kanan atas.

  1. Klik OK
cara membuat grafik di powerpoint
Setelah itu, akan tampil grafik beserta datanya dalam bentuk tabel.
  1. Kita bisa mengedit data tersebut sesuai dengan yang kita miliki.
  2. Setelah diedit, klik tanda silang di ujung kanan tabel untuk menutup.
2.      Flowdia Lite
1.      Buka Aplikasi Playstore  
2.      Unduh Aplikasi Flowdia Lite
3.      Buka Aplikasi Flowdia Lite
4.      Pilih Menu Shapes kemudian pilih Common Shapes
5.      Kemudian setelah itu akan muncu tampilan seperti gambar dibawah ini. Dan pilihlah bentuk yang ingin anda gunakan untuk membuat bagan.
6.      Pilih Pengaturan untuk Mengubah Warna da;am Bagan sesuai yang diinginkan
7.      Jika Bagan Telah Selesai klik save untuk menyimpan bagan tersebut



BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dalam upaya mencapai suatu proses pembelajaran yang baik, kita memerlukan suatu media atau alal yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu medianya adalah media visual yang lebih berkaitan dengan indera penglihatan. Media visual mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri seperti penggunaannya yang praktis, lebih efektif dan efisien serta dapat mempercepat daya serap peserta didik.

3.2. Saran
Kita sebagai peserta didik, calon pendidik maupun para pendidik hendaknya perlu memperhatikan setiap pemilihan media pembelajaran yang akan kita gunakan terutama pada media visual. Pemilihannya harus tepat dan efektif sesuai konsep dan tujuan pembelajaran serta disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak atau peserta didik dan menjauhkan media visual yang berbau pornografi sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.


DAFTAR PUSTAKA
Anitah, Sri, Prof., M.Pd. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arsyad M.A Azhar, Prof. Dr. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.


https://flowdia-diagrams-lite.soft112.com/ (online) Diakses pada 6 September 2018



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Pengukuran Pencahayaan Menggunakan Aplikasi Lux Meter

KLIK LINK DI BAWAH INI https://drive.google.com/file/d/1-IPo8lmvuKe7BubtZSipJaqtahhl1n2N/view?usp=drivesdk