BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Di era globalisasi ini pendidikan merupakan salah satu investivasi
panjang karena proses dari pendidikan itu sendiri akan dirasakan baik untuk
saat ini maupun masa yang akan datang. Pendidikan tidak akan terlepas dari
peranan media dalam pemanfaatannya di dunia pendidikan. Kita sadari semakin
banyak saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Dalam hal ini, kita
sebagai calon pendidik dapat lebih mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan
pesan, merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta
mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat
meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan
praktik-praktik dengan benar.
Maka dari itu, dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu
media pembelajaran yaitu media visual. Media visual merupakan media yang
memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media
visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar
panca indera kita khususnya indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam
penggunaan media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan
lebih cepat dipahami oleh peserta didik.
Pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal sehingga
menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti media visual
untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi yang akan dibahas
pada peserta didik.
Dalam sistem pendidikan modern, fungsi pendidik sebagai penyampai
pesan-pesan pendidikan tampaknya perlu dibantu dengan media pendidikan, agar
proses belajar mengajar dan proses pendidikan pada umumnya dapat berlangsung
secara efektif dan efisien.
1.2.
Rumusan masalah
1.
Apa yang
dimaksud dengan media visual ?
2.
Aplikasi apa
yang digunakan untuk membuat media visual dan bagaimana cara menggunakan
aplikasi tersebut?
3.
Apa saja keunggulan dari aplikasi
yang digunakan?
4.
Bagaimana cara pembuatan grafik dan
bagan dengan menggunakan aplikasi tersebut?
1.3.
Tujuan
Penulisan
1.
Untuk
mengetahui apa yang dimaksud dengan media visual?
2.
Untuk
mengetahui aplikasi apa yang digunakan dalam membuat media visual dan cara
menggunakan aplikasi tersebut
3.
Untuk
mengetahui keunggulan dari aplikasi yang digunakan
4.
Untuk
mengetahui cara membuat grafik dan bagan dengan menggunakan aplikasi tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian
Media Visual
Pengertian
media visual dapat dibedakan menjadi dua pengertian yaitu pengertian secara
umum dan pengertian menurut para Ahli .
1. Pengertian
media visual secara umum
Secara
umum, media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan
indra penglihatan (mata). Media visual juga merupakan penyampaian pesan atau
informasi secara teknikdan kreatif yang mana menampilkan gtambar, grafik serta
tata dan letaknya jelas, sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima
sasaran.
Media
visual dapat juga diartikan sebagai sumber belajar yang berisikan pesan atau
materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar,
teks, gerak dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat
menarik peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran akan menyenangkan
dan tidak menjenuhkan.
2. Pengertian
media visual menurut para Ahli
Menurut
Fathurrohman (2007 : 67) mengungkapkan bahwa :
“media visual adalah media yang
hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan
gambar diam seperti film strip, slide foto, gambar atau lukisan dan cetakan.Ada
pula media visual yang menampilkan gambir atau symbol yang bergerak seperti
film bisu dan film kartun”.
Selanjutnya
menurut Wibawa dan Mukti (1992 : 27) menjelaskan bahwa :
“media visual dibedakan menjadi
dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam antara
lain : foto, ilustrasi, flash card, gmbar pilihan dan potongan
gambar, film bingkai, film rangkai, transparansi, proyektor tak tembus pandang,
mikrofis, overhead proyektor, stereo proyektor, mikro proyektor dan
tachitoscopes. Serta grafis, bagan, diagram, poster, gambar kartun, peta dan
globe.Sedangkan media visual gerak meliputigambar-gambar proyeksi bergerak
seperti film bisu, film kartun dan sebagainya”.
Wibawa
dan Mukti (19992 : 28) menjelaskan funsi media visual dalam proses belajar
mengajar, yaitu
1)
Mengembangkan kemampuan visual
2)
Mengembangkan daya imajinasi anak
3)
Membantu meningkatkan penguasaan
anak terhadap hal-hal yang abstrak, atau peristiwa yang tidak mungkin
dihadirkan didalam kelas.
4)
Mengembangkan kreatifitas siswa
5)
Memperjelas pengertian atau
konsep yang abstrak kepada siswa
6)
Membantu siswa lenih mudah
memahami makna pesan yang dibicarakan dalam proses pembelajaran
7)
Menggambarkan suau hakikat suatu
pesandalam bentuk yang menyerupai keadaan yang sebenarnya
8)
Memvisualisasikan pesan verbal
dan makna isi pesan dan menyederhanakn makna dalam bentuk visualisasi
9)
Merangsang anak untuk mempelajari
lebih jauh dan atau ingin lebih tahu hakikat dari pesan yang disampaikan
10)
Pembuka diskusi yang efektif
11)
Menumbuhkan minat baca
12)
Memvangkitkan motivasi, minat,
ingatan
Bentuk-bentuk
media visual adalah sebagai
berikut
a. Bangan
media yang berisi tentang gambar, keterangan, daftar,
dsb. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan
sedehana antara lain : perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.Fungsi
bagan yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit sehingga
lebih mudah dicerna siswa. Bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting
dari suatu penyajian. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis yang lain
seperti gambar, diagram, kartun atau lambang verbal. Agar menjadi yang baik,
bagan hendaknya dibuat secara sederhana, lugas, tidak berbelit-belit dan up to
date.
b.
Grafik
Grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan
grafis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data
kuantitatif. Grafik sebagaipenyajian kembali data yang berupa angka-angka dalam
bentuk visual simbolis.Grafik digunakan untuk menjelaskan perkembangan atau
perbandingan suatu obyek yang saling berhubungan. Grafik biasanya disusun
berdasarkan prinsip matematika dan menggunakan data komparatif. Ada beberapa
bentuk grafik, antara lain; grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran dan
grafik gambar.
Macam-macam
grafik :
Ø Grafik garis yaitu grafik yang paling dapat menggambarkan
hubungan antara dua kelompok data dan dapat digunakan untuk data-data yang
kontinu
Ø Dalam
grafik ini jumlah data dipertunjukkan dalam bentuk gambar. Yang perlu
diperhatiakan grafik gambar ini adalah symbol gambar yang dipakai sendiri,
jumlah data yang diperlihatkan melalui jumlah gambar, jumlah besar kecilnya
gambar akan dapat dibaca apabila dibawah gambar tersebut diberikan
angka yang sebenarnya.
2.2.Aplikasi Yang Digunakan Dalam
Membuat Media Visual
1.
Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang
akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan
juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih
menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Aplikasi Microsoft PowerPoint
ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai
Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah
namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi
1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint
kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks
dan grafik untuk transparansi overhead projektor(OHP). Setahun kemudian, versi
baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna
muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi.
2.
Flowdia Lite
Flowdia adalah
alat diagram aliran yang mudah digunakan yang dapat digunakan untuk membuat
diagram alur kualitas profesional, peta pikiran, BPMN, jaringan dan tata letak
server, jaringan Cisco, diagram rak, aktivitas UML, proses bisnis, dan diagram
alur proses dengan cepat.
Aplikasi ini
dirancang dengan kemudahan penggunaan dalam pikiran. Anda dapat dengan cepat menghubungkan
bentuk flowchart dengan hanya memilih titik awal dan akhir sambungan dan dengan
cepat menambahkan jalur baru ke diagram swimlane atau sub-topik baru ke diagram
peta pikiran dengan menggunakan tombol "+" dari menu bentuk peta atau
menu peta pikiran yang dipilih. Sub-topik peta
pikiran secara otomatis diposisikan pada halaman tetapi dapat dengan mudah
dipindahkan sesuai kebutuhan.
Flowdia
mendukung ekspor diagram / bagan alur ke format PNG, JPG, PDF, dan SVG. Anda
dapat melihat file SVG yang diekspor di Microsoft Visio.
Anda dapat mengimpor gambar PNG dan JPG khusus.
Diagram berikut dapat dibuat menggunakan Flowdia:
Anda dapat mengimpor gambar PNG dan JPG khusus.
Diagram berikut dapat dibuat menggunakan Flowdia:
·
Flow
chart
·
Swimlanes
·
Peta
konsep
·
BPMN
·
Diagram jaringan
·
Diagram Jaringan Cisco
·
Diagram Tata Letak Server
·
Diagram Rak
·
Diagram Aktivitas UML
·
Diagram Proses Bisnis
·
Alur Proses
·
Chevron
Diagram
Anda dapat
dengan cepat memilih dan mengubah aktivitas BPMN, acara dan jenis gerbang
dengan menggunakan pemilih bentuk khusus yang tersedia untuk semua bentuk BPMN.
Bentuk flowchart dalam alat ini
tidak dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas. Anda dapat menyesuaikan tampilan bentuk
dengan menerapkan warna latar belakang dan juga mengubah warna font dan ukuran
teks.
CATATAN: Versi Lite dari Flowdia
dibatasi untuk:
·
file.
·
1 halaman per diagram.
·
dapat menghapus atau menggandakan halaman.
·
Ekspor gambar dan PDF dengan tanda air
2.3 Keunggulan Aplikasi
1.
Power Point
·
Memiliki beragam fitur dan jenis Grafik (Bagan)
·
Mudah Diaplikasikan
·
Dilengkapi Banyak tools
·
Dilengkapi Fitur Export to Pdf
·
Dilengkapi Fitur Cloud Service dari Microsoft
2.
Flowdia Lite
·
Aplikasi Mudah Digunakan
·
Aplikasi tidak berbayar (lite)
·
Memiliki Ukuran yang Ringan untuk berbasih Handphone
·
Dapat Meniyimpan Halaman lebih besar (A2)
·
Wizard dengan Kelas
·
Ikon Arsitektur AWS
·
Opsi Ekspor GPS termasuk dalam menu Diagram
·
mendukung ekspor diagram / bagan alur ke format PNG, JPG, PDF, dan
SVG.
2.4 Cara Pembuatan
Grafik
1.
Power Point
- Klik tab Insert
- Klik Chart
- Pada jendela yang terbuka, silakan pilih jenis grafik yang
akan digunakan pada kolom sebelah kiri.
- Pilih variasi grafik di kolom kanan atas.
- Klik OK
Setelah itu, akan tampil grafik beserta datanya
dalam bentuk tabel.
- Kita bisa mengedit data tersebut sesuai dengan yang kita
miliki.
- Setelah diedit, klik tanda silang di ujung kanan tabel untuk
menutup.
2.
Flowdia Lite
1. Buka Aplikasi Playstore
2. Unduh Aplikasi Flowdia Lite
3. Buka Aplikasi Flowdia Lite
4. Pilih Menu Shapes kemudian pilih Common
Shapes
5. Kemudian setelah itu akan muncu tampilan
seperti gambar dibawah ini. Dan pilihlah bentuk yang ingin anda gunakan untuk
membuat bagan.
6.
Pilih Pengaturan untuk Mengubah Warna da;am Bagan sesuai yang diinginkan
7.
Jika Bagan Telah Selesai klik save untuk menyimpan bagan tersebut
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dalam
upaya mencapai suatu proses pembelajaran yang baik, kita memerlukan suatu media
atau alal yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu medianya
adalah media visual yang lebih berkaitan dengan indera penglihatan. Media
visual mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri seperti penggunaannya yang
praktis, lebih efektif dan efisien serta dapat mempercepat daya serap peserta
didik.
3.2. Saran
Kita sebagai
peserta didik, calon pendidik maupun para pendidik hendaknya perlu
memperhatikan setiap pemilihan media pembelajaran yang akan kita gunakan
terutama pada media visual. Pemilihannya harus tepat dan efektif sesuai konsep
dan tujuan pembelajaran serta disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak
atau peserta didik dan menjauhkan media visual yang berbau pornografi sehingga
dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Anitah,
Sri, Prof., M.Pd. 2010. Media
Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arsyad M.A Azhar, Prof. Dr. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali
Pers.
https://support.office.com/id-id/article/menggunakan-bagan-dan-grafik-dalam-presentasi-anda- (online) Diakses pada 6 September 2018
https://flowdia-diagrams-lite.soft112.com/ (online) Diakses pada 6 September 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar